Senin, 08 Desember 2008

MENYIKAPI KRISIS *)

Pada saat ini masyarakat indonesia rata-rata mengalami mobilitas sosial sinking.Yaitu mengalami penurunan status.hal inidikarenakan adanya krisis ekonomi yang sedang melanda Amerika.Memang krisis ekonomi ini terjadi di Amerika,namun karena Amerika merupakan salah satu negara pusat perekonomian maka krisis ini tidak hanya akan terjadi di Amerika saja melainkan negara lain.Dengan adanya krisis ini di Indonesia maka banyak masyarakat atau pengusaha terutama pengusaha kecil dan menengah yang mengalami kebangkrutan alias gulung tikar. atau bagi mereka yang ikut orang mereka akan terkena PHK.
Banyaknya masyarakat yang terkena PHK maupun yang usahanya bangkrut dikarenakan banyak pembelian dari luar negeri yang di batalkan oleh pemesannya.bahkan ada yang tidak memesan sama sekali.padahal sebelumnya mereka bisa memesan sampai ratusan juta rupiah.damapakdari tidak adanya pemesan dari luar negeri yaitu perekonomian Indonesia menjadi kacau bahkan menurun dari pada sebelumnya.Dampak dari penurunan ini banyak sekali.
Salah satunya adalah berkurangnya saingan usaha kita.Dengan berkurangannya saingan usaha ini kita bisa dengan mudah membuka usaha.Tapi selain itu ada tantangan pada saat kita membuka usaha ini. Salah satunya adalah modal.orang rata-rata bangkrut karena kekurangan modal atau tidak punya modal lagi.Untuk itu kita harus pintar-pintar mencari cara agar kita bisa bertahan bahkan bisa membukausaha ditengah keadaan yang krisis ini.
Jika kita mampu bertahan dalam keadaan yang cukup memprihatinkan ini kita termasuk orang-orang yang hebat.Karena kita bisa mengatur keuangan dengan baik.Apalagi apabila kita bisa mempekerjakan orang-orang yang di PHK.Emang tak harus semuanya.Tapi paling tidak jika kita bisa mempekerjakan 2 orang saja kita bisa membantu memulihkan keadaan ekonomi negara kita ini.
Agar dampak negatif dari krisis ekonomi ini tidak terasa berat makasebaiknya pemerintah harus mengambil tindakan tegas seperti membatasi jumlah impor dari luar negeri dan mendorong agar pengusaha kecil dan menegah dalam negeri untuk mengembangkan usaha untuk negeri kita tercinta ini.dengan adanya peran pengusaha kecil dan menengah diharapkan kita tidak lagi bergantung pada negeri orang lagi.

Nofia Mayasari XI IPS 3
Pelajar SMAK Santa Maria Malang
Jl.Raya Langsep no.41
Malang

*) Karya siswa-siswi Matapelajaran Sosiologi

Tidak ada komentar: