Rabu, 31 Oktober 2007

SMPK Santa Maria I Berpikir Ilmiah

Berpikir ilmiah perlu dimulai sejak dini. Satu langkah yang telah dilakukan adalah ekskul KIR.

Salah satu bentuk saluran yang dapat menjadi pilihan di kalangan remaja khususnya pelajar SMPK Santa Maria I Malang adalah KIR (Kelompok Ilmiah Remaja).

Salah satu yang diajarkan adalah berpikir ilmiah dan berani menyampaikan gagasan, ide, atau buah pikiran di hadapan orang lain.

Proses tersebut terjadi pada (31/10/07), bersama guru pendamping yaitu Supardono, S.Pd. Pertama, diajak untuk belajar menyampaikan identitas diri kehadapan temannya. Belajar di hadapan teman sebangku. Lalu meingkat, berdiri di kelas di hadapan teman-temannya.

Selesai, lalu masuk penyampaian berpikir ilmiah versi remaja (SMPK). Anak dilatih untuk berpikir rasisional, ilmiah dan logis. Bagaimana caranya.

Anak mempersiapan tiga kolom. Kolom pertama berjudul Penyebab. Kedua, masalah. Dan, ketiga Solusi. dasar pemukiran, anak dilatih tidak hanya mencari masalah dan penyebabnya saja tetapi juga solusi. Solusi ini tentu versi anak-anak.

Lalu, tahap perpikirnya yang pertama adalah, mencari masalah. Mengidentifikasi masalah-masalah yang ada disekitar. Lau setelah itu, menentukan masalah apa yang akan digali lebih dalam.
Kemudian, menggali penyebabnya apa, sehingga masalah tersebut muncul. Setelah itu baru menemukan solusinya bagaimana.

terakhir, anak diajak untuk merangkai tahapan pola pikir tersebut secara runtut dan sistemati. Anak punya potesi yang sangat besar untuk berpikir ilmiah. Sudahkah kita mengolahnya ?

Tidak ada komentar: