Senin, 28 April 2008

Mencari untuk Menemukan

"...kita hanyalah mencari dan menemukan.." Itu kalimat yang saya dapatkan saat membaca buku Mutiara Kehidupan (Albertus Herwanta,O. Carm, Dioma,2003). kalimat yang sama saya tulis dalam buku harian. Kalimat tersebut saya tulis kala saya ada di Bekasi sekitar tahun 1997.

Saat itu saya pergi merantau ke rumah teman, Acil, namanya. Saya menginap di rumahnya daerah Margahayu. Tujuan saya ke sana adalah mencari pekerjaan. Bahkan saya mencari pekerjaan sampai di Kerawang.

Memang, hidup adalah mencari untuk menemukan. Kalimat itulah yang saya tuliskan dalam buku harian saya. Dan, sampai sekarang kalimat tersebut menjadi salah satu pedoman.

Apa yang kita kerjakan dalam perziarahan, kalau bukan mencari. Apa pun yang kita lakukan pada dasarnya adalah mencari. Mencari. Dan, terus mencari.

Yang menjadi catatan penting adalah bukan hanya sekedar mencari. Tetapi sungguh-sungguh mencari dengan tujuan. Tujuan dari pencarian tersebut adalah untuk menemukan. Menemukan adalah hal yang menjadi GOAL. Menemukan yang kita cari.

Setiap orang mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Namun hakekat dari penemuan tersebut adalah kebahagiaan.

Saya berbahagian karena kalimat tersebut yang sekian tahun lalu saya tulis, saya temukan kembali.

Tidak ada komentar: