Minggu, 01 Juni 2008

Bahan

Sebelum membuat kue, terlebih dahulu dipsiapkan bahan-bahan. Demikian pula, menulis perlu dipersiapkan bahan-bahan yang nantinya siap diolah menjadi karya kepenulisan. kepe nulisan di sini ialah membuat karya menuangkan ide, gagasan.

Ada dua kelompok bahan untuk membuat karya kepenulisan. Bahan eksternal yaitu apa yang dibaca, apa yang dilihat dan paling rendah, apa yang di dengar.
Pertama, apa pun yang Anda dan saya baca dapat menjadi bahan tulisan.Mulai dari kata, kalimat sampai pesan dari bacaan tersebut. Kedua, apa yang Anda dan saya lihat dapat dipakai menjadi bahan tulisan. Seperti, melihat tumpukan sampah. Dari yang Anda dan saya lihat dapat diolah menjadi tulisan. Ketiga, apa yang didengar, ini kebenarannya perlu diuji terlebih dahulu sebelum diolah menjadi tulisan.

selain bahan eksternal ada pula bahan internal. Internal lebih cederung berdasarkan pengalaman individu terhadap suatu hal. pengaam-pengalam baik yang menyakitkan, menyenangkan, menggembirakan maupun yang menyedihkan, dapat anda dan saya olah menjadi tulisan. Setiap saat Anda dan saya mengalami sesuatu hal yang berkesan. berkesan inilah yang mampu anda dan saya pakai menjadi bahan tulisan.

Lainnya adalah ide, gagasan yang ada dalam benak, pikiran Anda dan saya. Tahu-tahu ada ide tentang suatu hal. maka itu dapat dipakai sebagai bahan tulisan.

banyak hal yang dapat dipakai sebagai bahan karya tulisan. Cobalah menuliskan itu semua dalam satu kata terlebih dahulu. Selamat mencoba !!

Tidak ada komentar: