Sabtu, 07 Maret 2009

Pembahasan Penelitian Metode Analisis Soal (2)

Tabel 1 Penerapan Metode Analisis Soal
Uraian tabel :
Dari hasil angket untuk tabel 1 tentang Penerapan Metode Analisis Soal, yang menyatakan Sangat Sulit ditiap kelas jumlah sama yaitu satu orang (siswa).
Sedangkan yang menjawab Sulit, paling banyak 27 orang (siswa) ada di kelas XII IPS 2, 26 orang (siswa) ada di kelas XII IPS 1 dan 24 orang (siswa) berada di kelas XII IPS 3.
Lalu, yang menyatakan muda antara kelas XII IPS 1 dan XII IPS 3 jumlahnya sama yaitu 5 orang (siswa), namun untuk XII IPS 2 hanya 4 orang (siswa).
Tetapi di tiap kelas muncul data bahwa ada yang tidak tahu, hanya 1 orang (siswa) di XII IPS 1-2, sementara XII IPS 3 sejumlah 3 orang (siswa).
Yang menjadi masalah siswa XII IPS masih ada yang tidak tahu tentang Metode Analisis Soal. Ini yang belum tahu penyebab ketidaktahuannya.

Tabel 2 Kesulitan menerapkan Metode Analisis Soal
Uraian tabel :
Berdasar angket untuk Kesulitan menerapkan Metode Analisis Soal, yang tidak tahu cara berjumlah 3 orang (siswa) ada di kelas XII IPS 2-3. Sedangkan XII IPS 1 ada 2 orang (siswa).
Lalu, kesulitan karena tidak tahu tujuan XII IPS 2 ada 9 orang (siswa), 6 orang (siswa) XII IPS 1, ada 5 orang (siswa) di XII IPS 3.
Kesulitan karena tidak terbiasa, XII IPS 1, 24 orang (siswa), 21 orang XII IPS 3, dan XII IPS 2 ada 20 orang.
Dari sekian siswa ada juga yang tidak tahu apa-apa, di tiga kelas merata masing-masing hanya 1 orang (siswa).
Dari yang tidak tahu apa-apa perlu mendapat perhatian.

Tabel 3 Bantuan Metode Analisis Soal
Uraian tabel :
Metode Analisis Soal memberikan bantuan bagi siswa, yang menjawab sangat membantu, XII IPS 1-2 jumlahnya sama 3 orang (siswa), XII IPS 3 ada 6 orang (siswa).
Di kelas XII IPS 2 paling banyak terbantu sejumlah 22 orang (siswa), lalu XI IPS 3 ada 21 orang (siswa), dan XII IPS 1 ada 17 orang (siswa).
Yang paling banyak tidak terbantu XII IPS 1 ada 9 orang (siswa), ada 6 orang (siswa) di XII IPS 2 dan yang paling sedikit terbantu XII IPS 3 hanya 3 orang (siswa).
Namun demikian ada juga yang tidak tahu (terbantu atau tidak, biasa-biasa saja) paling banyak XII IPS 1 ada 3 orang (siswa), sedangkan XII IPS2-3 masing-masing 2 orang (siswa).

Tabel 4 Wujud Bantuan Metode Analisis Soal
Uraian tabel :
Bantuan yang dirasakan oleh siswa dari Metode Analisis Soal, yang menjadi mengerti soal, paling banyak 17 orang (siswa) di XII IPS 1, lalu XII IPS 3 ada 16 orang (siswa), paling sedikit 12 orang (siswa) di XII IPS 2.
Siswa yang menjadi memahami jawaban paling banyak 5 orang (siswa) XII IPS 5, lalu XII IPS 3 ada 4 orang (siswa), paling sedikit XII IPS 1 hanya 1 orang (siswa).
Untuk yang terbantu mengatur pola pikir, paling banyak 14 orang ada di XII IPS 2, terus, 11 orang (siswa) di XII IPS 3 dan XII IPS 1 ada 10 orang (siswa).
Siswa yang terbantu mencari masalah paling banyak 4 orang (siswa), kelas lainnya masing-masing 2 orang.

Tabel 5 Keberlangsungan Metode Analisis Soal
Uraian tabel :
Pertanyaan terakhir, kelangsung Metode Analisis Soal di waktu mendatang, yang berpendapat, sangat berguna dan perlu dilanjutkan, paling banyak dari kelas XII IPS 3, sejumlah 19 orang (siswa), XII IPS 2 ada 18orang (siswa), sedangkan 13 orang (siswa) ada di kelas XII IPS 1.
Yang berpendapat, berguna tapi tidak perlu dilanjutkan, paling banyak, ada di XII IPS 2 ada 9 orang, XII IPS 1 ada 8 orang (siswa), paling sedikit 6 orang (siswa) di XII IPS 3.
Untuk pendapat tidak bermanfaat, karena pikiran makin rumit paling banyak XII IPS 2 ada 6 orang (siswa), paling sedikit 3 orang (siswa) ada di dua kelas lainnya.
Sedangkan pendapat tidak bermanfaat karena membuang waktu, paling banyak 6 orang di XII IPS 1 dan XII IPS 3 ada 4 orang (siswa), XII IPS 2 tidak ada yang berpendapat demikian.
Yang menjawab lain-lain paling banyak XI IPS 1 ada 2 orang (siswa) sedangkan XII IPS 3 ada 1 orang (siswa). XII IPS 2 tidak ada yang berpendapat demikian.

Kesimpulan
Metode Analisis soal kelas XII IPS Mengalami kesulitan dalam menerapkannya. Sedangkan penyebab kesulitan tersebut paling banyak karena tidak terbiasa. Namun, kelas XII IPS merasakan Metode Analisis Soal, membantu. Bantuan yang dirasakan oleh kelas XII IPS dari Metode Analisis Soal adalah mengerti soal dan mengatur pola pikir. Maka Metode Analisis Soal dikatakan sangat berguna dan perlu dilanjutkan di waktu mendatang.

Usul dan Saran :
Karena dirasakan sangat berguna maka perlu dibiasakan sejak awal agar terbiasa.

Demikianlah hasil penelitian sederhana tentang Metode Analisis Soal, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Malang, 7 Maret 2009
Peneliti

Kukuh Widyatmoko

Tidak ada komentar: