Sabtu, 07 Maret 2009

PENELITIAN SEDERHANA “METODE ANALISIS SOAL” (1)

Setiap tahun Ujian Nasional dilaksanakan sebagai penentu akhir keberhasilan siswa selama menempuh pendidikan di sekolah mengenah atas. Selain ada jam tambahan siswa juga mendapat latian-latihan soal baik dari sekolah sendiri maupun pihak lain.
Secara khusus untuk mata pelajaran Sosiologi di SMAK Santa Maria Malang diterapkan Metode Analisis Soal. Metode Analisis Soal diberikan setelah siswa mengikuti try-out pertama.

Latar Belakang

Ujian Nasional menjadi penentu kelulusan peserta didik SMA. Materi yang diujikan mulai kelas X sampai kelas XII. Tentu bahan yang dipelajari banyak. Tentu peserta didik memiliki keterbatasan untuk mengingat materi kelas X sampai kelas XII.

Keterbatasan mengingat berkorelasi dengan kesulitan untuk menjawab soal-soal Ujian Nasional. Sebelum menghadapi Ujian Nasional peserta didik selain mendapat pengulangan materi kelas X sampai kelas XII juga ada latihan-latihan.

Latihan soal baik dari sekolah (gbs) juga ada try out yang diselenggarakan Diknas. Yang menjadi perhatian adalah bagaimana dapat menganalisis soal agar peserta didik mencapai nilai tertinggi.

Mampu menganalisis soal menjadi perhatian selain menghafal materi. Menganalisis soal mendorong peserta didik berpikir sistematis berdasarkan rambu-rambu yang ada. Metode Analisis Soal diperuntukkan bagi matapelajaran Sosiologi.

Sebagai umpan balik bagi guru dari peserta didik terhadap Metode Analisis Soal maka diadakanlah penelitian sederhana. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui umpan balik peserta didik terhadap Metode Analisis Soal.

Rumusan Masalah
1.Bagaimana pendapat Anda tentang Metode Analisis Soal ?
2.Kesulitan apa yang Anda hadapai dalam menerapkan Metode Analisis Soal ?
3.Apakah Metode Analisis Soal membantu Anda dalam memahami soal
4.Bantuan apa ya, Anda dapat dalam Metode Analisis Soal ?
5.Menurut Anda, bagaimana keberlangsungan Metode Analisis Soal di waktu mendatang ?

Tujuan
1.Untuk mengetahui pendapat peserta didik tentang Metode Analisis Soal
2.Untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menerapkan Metode Analisis Soal
3.Untuk mengetahui Metode Analisis Soal sungguh membantu peserta didik
4.Untuk mengetahui bantuan yang didapat dalam menerapkan Metode Analisis Soal
5.Untuk mengetahui pendapat peserta didik tentang Metode Analisis Soal di waktu mendatang

Manfaat bagi
Peserta Didik
1.Dapat terus menerapkan Metode Analisis Soal
2.Dapat mengarahkan pola pikir sistematis
3.Dapat mengidentifikasi soal
Guru
1.Dapat menjadi salah satu model mengasah pola pikir peserta didik kelas XII IPS
2.Dapat menambah variasi model pembelajaran dan latihan bagi peserta didik kelas XII IPS
3.Dapat membagikan metode yang berguna bagi peserta didik kelas XII IPS

Sumber Data
Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah primer. Karena didapat dari sumber pertama yaitu peserta didik kelas XII IPS
Cara memperoleh data dengan menggunakan angket. Untuk mendapatkan data yang mendekati realitas maka disebar angket sebanyak peserta didik kelas XII IPS (1, 2, 3) lebih kurang 100-an (seratusan).

Metode Analisis Soal

Ada tiga hal yang mesti dipegang oleh peserta didik kelas XII IPS dalam menerapkan Metode Analisis. Saat membaca soal maka peserta didik melakukan tiga langkah :
Langkah pertama, mencari Kata Kunci atau disingkat KK.
Langkah kedua, mengaitkan dengan Materi Sosiologi atau disingkat M.
Langkah ketiga, menentukan yang ditanyakan atau disingkat YDT.

Contoh Menerapkan Metode Analisis Soal

1. Dengan masuknya Sosiologi menjadi UAN 2008, maka Pak Hanafi sebagai guru Sosiologi membuat strategi pembelajaran dengan lebih memperbanyak try-out agar siswanya sukses UAN. Tindakan Pak Hanafi tersebut tergolong pada ...
a. rasional instrumen c. afektif e. subyektif
b. tradisional d. berorientasi nilai

Langkah pertama, mencari Kata Kunci. Kata kunci dari soal diatas adalah agar siswanya sukses UAN
Langkah kedua, materi Sosiologi adalah Tindakan Sosial
Langkah ketiga, yangditanyakan adalah jenis tindakan

Peserta didik diajak untuk maju satu per satu untuk menerapkan Metode Analisis Soal dan menuliskan di papan sebagai berikut:
1.KK : agar siswanya sukses UAN
M : Tindakan Sosial
YDT : jenis tindakan
Jwb : A

Pertanyaan Angket



1.Menurut saya, dalam menerapkan Metode Analisis Soal, ...
a. sangat sulit
b. sulit
c. mudah
d. tidak tahu
2.Kesulitan menerapkan Metode Analisis Soal adalah ...
a. tidak mengerti cara
b. tidak tahu tujuan
c. tidak terbiasa
d. tidak tahu apa-apa
3.Untuk memahami pertanyaan soal, Metode Analisis Soal ...
a. sangat membantu
b. membantu
c. tidak membantu
d. tidak tahu
4.Metode Analisis Soal membantu saya ...
a. mengerti soal
b. memahami jawaban
c. mengatur pola pikir
d. mencari masalah
5.Menurut saya Metode Analisis Soal ...
a. sangat berguna, dan perlu dilanjutkann
b. sangat berguna, tapi tidak perlu dilanjutkan
c. tidak bermanfaat, karena pikiran makin rumit
d. tidak bermanfaat karena membuang waktu
e. lain-lain

Tidak ada komentar: