Jumat, 17 April 2009

Alirkan Jati Dirimu

Selain aktivitas rutin dalam keseharian, ada hal istimewa dari perjalanan beberapa hari lalu. Saya mengurangi aktivitas di luar rumah. Biasanya beraktivitas di luar rumah waktu lalu tidak.

Alirkan Jati Dirimu (Natalie Goldberg-Esai-Esai Ringan untuk Meruntuhkan Tembok Kemalasan Menulis, MLC, Bandung, 2005). Judul buku itu mampu “mengerem” saya untuk beraktivitas luar rumah.

Bagi saya judl itu merupakan “magnet”, karena mampu membuat saya ingin membaca kata demi kata, kalimat demi kalimat ada dalam buku. Untuk kesekian kalinya saya begitu “on” membaca buku itu.

Saya mendapat beberapa hal dari buku tersebut baik berupa inspirasi, peneguhan, jawaban, ide segar. Saat ini saya masih belum banyak membagikan, karena semua masih ada dalam benak. Saya masih kesulitan untuk mengungkapkannya secara bahasa tulis tetapi buku ini bagi saya “dapet” istilah Pak Kanisius Narumore.

Sekilas saya bisa ungkapkan bahwa dalam buku tersebut mengungkapkan kesejatian diri. Menarim bagi saya, karena beberapa waktu lalu kami membuat spanduk dengan tema Kesejatian Diri.Maka ada kesinergisan, ada kekuatan untuk saling bertumbukan dalam suatu ide.
Kedua, berkaitan dengan mengolah materi tema menulis. Saya dulu, mengalami kesulitan untuk menghubungkan literatur. Beberapa waktu lalu, saya mulai bisa menghubungkan ide dengan literatur. Setelah saya membaca buku ini, kekuatan sejatinya bersumber dari dalam, bukan dari luar. Ide, spirit itulah yang memiliki kekuatan, sedangkan literatur menjadi pendukung keilmiahan. Maka saya bersyukur mendapatkan kombinasi dahsyat, bahwa saya sudah membangun kekuatan dari dalam dan dilengkapi dengan literatur.

Itu sebaagian kecil dari hal-hal yang saya dapat dari membaca buku Alirkan Jati Dirimu. Asal-usul buku tersebut merupakan pinjaman dari Pak Kanisius Narumore. Awalnya Pak Kanis mengatakan bahwa, perlu menambah spirit dalam kepenulisan. Saya punya buku, silahkan dibaca.

Terima Kasih Pak Kanisius Narumore

Oh Ya... saya mau mengajukan naskah buku ke MLC dengan alamat penerbit@mizanlc.com

Tidak ada komentar: