Jumat, 17 April 2009

Yang Dicari-Diberi

Semalaman(13/4,09), saya dapat ide menulis tentang “Menulis.” Saya cari-cari dan saya temukan. Selama “perjalanan” tersebut sangat asyik. Mood dapat, bahan ada. Mengalir ...mengalir terus. Saya belum menemukan tulisan yang saya buat ini. Akhirnya rancangan yang saya buat melalui beberapa tahap.

Tahap pertama, membaca. Dengan membaca maka kita dapat berbagai hal. Dari berbahai hal inilah menjadi bahan untuk memunculkan ide menulis. Tahap, kedua, membaca lagi. Membaca lagi tujuannya untuk mengumpulkan berbagai data. Data yang sebelumnya acak, sekarang mulai dikumpulkan. Pengumpulan ini sebanyak-banyaknya. Tahap, ketiga. Kategorisasi. Tahap ini lebih menyempitkan dalam bentuk kategorisasi. Dalam banyak bahan dikategorikan sesuai dengan kebutuhan untuk mewujudkan ide. Tahap, keempat mulai membuat kerangka. Kerangka dimaksudkan desain tulisan yang hendak kita buat. Desain ini sangat membuat untuk membuat alur penulisan. Tahap, kelima, kerangka jadi. Membuat ulang (Redesain) secara lebih baik dan halus. Ini sangat membantu. Dalam pembuatan tulisan.

Bagi saya ini menjadi moment penting dan mengesankan, karena apa yang saya angan-angankan dimunculkan. Apa yang saya cari diberi. Dan proses kreatif “mengalir”.

Tidak ada komentar: