Senin, 09 Februari 2009

Kenakalan Remaja

Pada zaman sekarang ini banyak kaum remaja yang menyalahgunakan cara mereka bergaul. Mereka selalu mengikuti perkembangan zaman dan yang tidak luput dari perkembangan cara bergaul yang salah. Di antara kelompok persahabatan, adakalanya terbentuk suatu kelompok remaja yang lebih kita kenal dengan sebutan geng.

Adapun geng-geng yang terbentuk memiliki pengaruh positif atau pengaruh negatif terhadap orang-orang di sekitarnya. Dan pengaruh negatif ini menjadi permasalahan social di lingkungan masyarakat. Mulai dari merokok, tawuran antrpelajar, sampai pada terlibat penggunaan narkoba. Dan ini yang menyebabkan kata “geng” sering disebutkan sebagai kelompok persahabatan yang negatif.

Para remaja yang terlibat dalam pergaulan seperti ini biasanya digunakan mereka untuk penyaluran emosi mereka, baik emosi rasa kecewa, rasa takut, rasa khawatir, ataupun rasa gembira yang sedang mereka rasakan. Mereka melampiaskan seluruh emosi mereka dengan perbuatan-perbuatan yang menurut mereka dapat menyenangkan ataupun menenangkan emosi mereka.

Dan yang dapat memacu perbuatan mereka ini adalah kurangnya perhatian dari orang tua dan kebebasan yang diberikan terlalu berlebihan. Sebaiknya kelompok persahabatanlah yang harus mempengaruhi kepribadian seorang remaja untuk bersikap lebih dewasa. Dan rasa aman dari keluarga juga penting bagi jiwa anak.

Kesimpulannya, kita sebagai kaum pelajar harus lebih berhati-hati dalam cara begaul. Karena sekali saja kita masuk ke dalam pergaulan yang salah, maka akan selamanya kita merasakan kekecewaan. Dan kita harus mengurangi sikap emosi yang berlebihan pada diri kita agar kita tidak terpengaruh pada hal-hal negative dan kita dapat mengenal jati diri kita sebenarnya.

Malang, 5 September 2008
Pengirim,
Meilina, kelas X-3
Pelajar SMAK Santa Maria
Jl. Raya Langsep 41
Malang

Tidak ada komentar: