Rabu, 25 Februari 2009

PRIORITASKAN PENDIDIKAN

Dalam kedua film yang berjudul Secercah Harapan dan Mahalnya Emas sangat menarik untuk ditonton. Kedua film itu cocok ditonton untuk kalangan remaja dan dewasa agar mereka lebih mengerti apa yang membuat pendidikan sangat penting bagi penerus bangsa saat ini.Film itu sangat bermanfaat dan kita jadi lebih banyak tahu tentang saudara-saudara kita di pedalaman yang kurang dalam hal pendidikan. Tapi mengapa para siswa jaman sekarang justru menyia-nyiakan kesempatan sekolahnya dan beralih ke pergaulan bebas???

Kedua film itu sama-sama mengangkat tema pendidikan yang dimana tepatnya Dusun Pemintau kekurangan fasilitas dalam kegiatan belajar-mengajar. Apalagi adanya penebangan pohon yang dirubah menjadi tempat penambangan emas. Walaupun penambangan emas lebih banyak meraup keuntungan tapi justru yang menjadi darah Dusun itu menjadi berantakkan, seperti sungai yang tadinya untuk mandi, minum, dll sekarang justru bercampur dengan air raksa, kapur yang berpolusi dan tidak sehat. Bukan hanya hewan atau tumbuhan saja yang menjadi korban dalam peristiwa itu tapi juga para siswa. Siswa yang tadinya berpikir bahwa sekolah itu lebih penting justru berpendapat behwa mendapatkan uang lebih penting daripada sekolah.

Sebaiknya Pemerintah dapat lebih memperhatikan orang-orang yang ada di dalam pedalaman apalagi para siswa-siswanya yang ingin melanjutkan sekolah. Selain itu juga dapat memberikan fasilitas yang memadai karena sekolah sangat penting bagi penerus bangsa masa kini yang nantinya akan mengembangkan dan memajukan bangsa kita ini. Tak hanya pemerintah tapi juga kesadaran dari masyarakat sendiri untuk mau bersekolah ataupun menyekolahkan.

Sebagai siswa, yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan pendidikan adalah mensyukuri akan pendidikan yang saya emban hingga dapat mencapai SMA ini dan memanfaatkannya pendidikan sebagai ajang untuk lebih maju dalam segala sektor. Dan satu yang terpenting adalah andalkan Tuhan dalam segala sesuatu. Akhir kata ada sebuah pepatah mengatakan bahwa "Jangan bertanya apa yang sudah orang lain berikan tapi bertanyalah apa yang sudah kamu berikan untuk orang lain."

Pelajar SMAK Santa Maria Malang
Luluk Setiawati Hartono
x5/23

Tidak ada komentar: