Rabu, 11 Februari 2009

Penggunakan Dana Agar Lebih Bermanfaat

Kampanye-kampanye partai politik menjelang pemilu kian marak diadakan di berbagai daerah. Masing-masing partai mendukung calonnya sendiri-sendiri. Baik dengan memasang spanduk, iklan, poster, bahkan membagikan kaos bergambar calon dari masing-masing partai. mereka melakukan itu semua untuk menggalang banyak suara dalam pemilu nanti.
Namun, hal tersebut berdampak negatif pada lingkungan. poster-poster yang dipasang di pohon membuat lingkungan tampak kotor. belum lagi jika terkena hujan, poster-poster tersebut hanyut terbawa air, lalu menyebabkan banjir. Ditambah lagi dengan angin yang akhir-akhir ini bertiup sangat kencang yang mengakibatkan papan-papan iklan yang dipasang roboh dan mencelakai pengendara motor.
Menurut saya, cara tersebut kurang efisien dan hanya membuang-buang dana. Karena belum tentu dengan memberikan kaos kepada masyarakat, maka yang mendapat kaos mendukung partai yang memberi tersebut. Lagipula, masyarakat sekarang ini sudah bosan dengan janji yang digembar-gemborkan pada saat pemilu. Mulai dari sekolah gratis, pengobatan gratis, dana BLT, dsb. Namun pada kenyataannya semua itu tidak berjalan sesuai dengan yang dijanjikan. Buktinya, masih banyak rakyat miskin yang tidak mendapat BLT, rakyat dipersulit jika ingin mendapat pengobatan gratis, dsb. Memang tidak semuanya seperti itu. ada sebagian yang mendapatkan BLT utuh (tanpa disunat disana sini), ada juga yang mendapatkan dana BOS sehingga sekolah gratis. Namun itu hanya sebagian. Jadi kesimpulannya, masih banyak rakyat yang hanya mendengar janji-janji namun tidak mendapatkannya. Rakyat sudah susah, malah dibuat makin susah.
Daripada menghabiskan banyak dana hanya untuk mengumbar janji dan merusak lingkungan, alangkah lebih baik jika mereka menggunakan dana tersebut untuk hal-hal yang berguna bagi masyarakat. Misalnya saja membersihkan gorong-gorong yang tersumbat agar aliran air menjadi lancar dan banjir dapat dicegah. Atau dengan menghimbau dan melaksanakan tanam 1000 pohon agar lingkungan tampak lebih asri, dan berbagai kegiatan positif lainnya. Lebih baik memberikan bukti daripada hanya sekedar mengumbar janji. Dengan begitu, rakyat yang puas dengan kinerja partai tersebut akan mendukung partai tersebut. Jadi, rakyat tidak mendukung karena uang atau benda apapun yang diberikan melainkan karena mereka puas dengan kinerja partai tersebut.
Maka dari itu, wahai pemerintah lakukanlah perubahan untuk sesuatu yang lebih baik, agar rakyatmu ini menjadi sejahtera.

Pengirim
YAP FELIN, pelajar XIS2
SMAK Santa Maria
Jl.Raya Langsep 41
MALANG

Tidak ada komentar: