Senin, 09 Februari 2009

Prasangka

Setiap orang tak pernah lepas dari suatu prasangka, entah itu baik maupun buruk. Yang baik bisa menjadi motivasi bagi kita melakukan sesuatu yang kita rencanakan agar dapat berjalan dengan baik. Namun sebaliknya, prasangka yang buruk atau yang biasa kita sebut "negative thinking" bisa berakibat buruk, untuk diri kita sendiri dan juga orang-orang di sekitar kita.

Negative thinking bisa terjadi karena memang kita sendiri yang menciptakan pikiran itu, atau bisa juga karena pengaruh dari orang lain di sekitar kita yang tak senang dengan sesuatu yang ada pada kita atau pada orang yang dekat dengan kita. Prasangka sendiri juga bisa timbul karena kita tidak menyukai sesuatu atau seseorang, sehingga kita jadi benci atau merasa orang tersebut akan menyerang atau merugikan kita.

Adanya prasangka-prasangka yang tak baik pada seseorang sangat berpengaruh pada pola perilaku dalam kehidupan. Seseorang yang selalu berprasangka buruk dan berpikir yang aneh-aneh, yang sesungguhnya belum tentu ada bisa menjadikan orang tersebut lama-kelamaan menjadi paranoid, merasa takut yang berlebihan pada sesuatu yang belum tentu ada dan benar. Prasangka juga bisa membuat hubungan yang tadinya baik malah jadi rusak.

Untuk mengatasi hal-hal itu, sebaiknya setiap orang dapat berusaha untuk meniggalkan dan membuang jauh-jauh segala macam pikiran, dan prasangka buruk di dalam hati. Cobalah untuk selalu berpikir dengan positif agar semua yang kita harapkan dapat berjalan dengan baik. Agar terhindar dari prasangka-prasangka yang seperti itu, hendaknya kita bisa lebih banyak bersabar, menenangkan hati dan pikiran. Jika hati dan pikiran sudah jernih, maka kita bisa menilai segala sesuatunya lebih baik lagi.

Jadi, prasangka itu sebenarnya bisa dicegah dan di hilangkan jauh-jauh dari pikiran kita. Asalkan kita sendiri memiliki kemauan dan kesadaran untuk melakukannya. Boleh-boleh saja mempunyai pikiran atau anggapan sendiri mengenai sesuatu, tapi toh ya jangan berlebihan.


Inge Noviana, X3
SMAK SANTA MARIA
Jln. Raya Langsep No. 41
MALANG

Tidak ada komentar: