Senin, 09 Februari 2009

"Media Massa sarana Pembentuk Kepribadian"

Pada kehidupan sekarang ini, dimana faktor kepribadian merupakan sesuatu yang sangat penting dalam menjalani hidup dan berinteraksi dengan masyarakat. Media massa sebagai salah satu sarana pembentuk kepribadian sangat berpengaruh selain keluarga,sekolah dan lingkungan. Melalui media massa banyak sekali pelajaran serta nasihat-nasihat penting yang dapat dijadikan acuan sebagai pembelajaran dalam hidup, terutama bagi para anak-anak.

Di dalam media massa seperti tayangan televisi, sebaiknya mengandung tema dan nasihat yang baik yang dapat dimengerti bagi kalangan umum terutama bagi anak kecil agar tidak menimbulkan suatu permasalahan. Melalui media massa pun seseorang dapat mengambil makna dari setiap acara yang dilihat seperti makna perjuangan dalam hidup, dimana hidup itu tidak selalu indah dan mulus sesuai yang diharapkan.

Sering kali kita melihat berbagai masalah dan konflik yang terjadi di setiap sinetron, tetapi pada akhirnya pasti menuju kepada kebahagiaan. Di dalam hal seperti itu seorang sutradara dan kru yang terkait dalam pembuatan suatu film harus benar-benar memperhatikan aspek-aspek seperti gaya bicara, tingkah laku, cara berorganisasi dan aspek-aspek lain karena pemeran yang ada di dalam film tersebut merupakan public figur yang dapat ditiru dan dilihat oleh orang banyak.

Telah banyak terjadi kejadian yang tidak seharusnya dilakukan oleh anak kecil yang dapat menimbulkan sesuatu yang fatal hingga berujung pada maut. Masalah faktor kepribadian bukanlah merupakan aspek yang boleh dianggap remeh karena aspek tersebut yang nantinya akan menentukan hidup seseorang, karena hanya dengan sedikit kesalahan saja masyarakat umum dapat beranggapan buruk tentang kepribadian kita masing-masing yang dapat menghilangkan kepercayaan seseorang terhadap diri kita.

Maka dari itu semua, media massa sebagai salah satu sarana pengembangan dan pembentukan kepribadian harus mampu menyajikan sesuatu yang mempunyai makna dan nasihat yang baik. Tidak cuma media massa, orang tua dan sekolah pun harus mampu membentuk kepribadian seorang anak sejak dini, agar apabila seorang anak telah dewasa tidak salah dalam memilih pergaulan. Karena faktor kepribadian merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam kita menjalani hidup.

Malang,09 Februari 2009

Pengirim :
Charles kelas X-3
Pelajar SMAK Santa Maria
Jln. Raya Langsep 41
Malang

Tidak ada komentar: