Senin, 09 Februari 2009

Pengaruh Positif dan Negatif Sinetron Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak

Pada zaman sekarang ini sudah banyak sekali ditayangkan sinetron-sinetron. Ada yang layak ditonton dan ada pula yang tidak layak ditonton seperti yang berbau pornografi atau perkelahian yang berlebihan yang dapat menunjang kepribadian anak menjadi jelek dan tidak baik. Tetapi ada pula sinetron yang memiliki pengaruh positif terhadap kepribadian seorang anak ataupun remaja contohnya seperti sinetron yang berbau pendidikan.

Sekarang dampak-dampak dari sinetron itu sudah mengenai ke kepribadian anak dan remaja, saat ini saja sudah banyak sekali tingkah laku anak-anak yang buruk dan kebanyakan semua itu dari sinetron-sinetron yang ditayangkan di tv-tv. Contohnya seperti seorang anak yang meniru gaya di sinetron yang salah karena anak tersebut belum mengerti bahwa semua yang ada di sinetron itu hanyalah acting bukan yang sebenarnya.

Memang ada sinetron yang berbau pendidikan, persahabatan, pertemanan dll yang lebih baik, tetapi lebih banyak sinetron yang berbau jelek seperti perkelahian atau penipuan daripada sinetron yang baik. Maka dari itu kita harus mengusahakan anak-anak kita melihat sinetron yang memiliki manfaat dan pengaruh positif. Dan kita juga harus menjauhkan anak-anak kita dari sinetron yang jelek dan tidak memiliki manfaat.

Oleh karena itu orang tua harus selalu waspada terhadap apa yang dilakukan atau ditonton oleh anak-anak mereka agar mereka tidak terlanjur terjerumus dalam hal yang jelek. Paling tidak orang tua harus selalu ada di samping anaknya agar mereka dapat selalu waspada sinetron apa yang sedang ditonton anaknya itu. Selain itu para produser film juga paling tidak harus mengurangi film-film yang tidak ada manfaatnya atau yang memiliki dampak negatif.

Jadi, dari diri kita sendiri, kita juga harus waspada terhadap apa yang ada di sekitar lingkungan kita baik yang positif maupun yang negative. Para orang tua juga harus lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap anaknya baik dari segi tingkah laku maupun sifat karena dampak yang ditimbulkan dari setiap sinetron itu berbeda-beda.

Malang, 8 Februari 2009

Pengirim,

Evina Kurniawan kls X-3

Pelajar SMAK Santa Maria

Jln. Raya Langsep 41

Malang

Tidak ada komentar: