Jumat, 13 Februari 2009

Lenyapnya Ketenangan

Film tadi cukup bagus. Film tersebut menceritakan kehidupan sebuah desa yang sangat tenang. Namun ketenangan itu lenyap ketika traktor-traktor yang disebut Dong Peng datang ke desa itu. Dong Peng itu digunakan untuk menggali emas di bawah pohon-pohon karet desa itu. Itulah hal yang menurut saya paling menarik dalam film tersebut.

Desa tersebut awalnya adalah desa yang sangat tenang dan tenteram. Kedatangan Dong Peng telah merubah masyarakat desa itu menjadi penambang emas. Desa tersebut kemudian semakin maju, sekarang desa itu memiliki warung makanan sehari-hari. Di balik itu semua, pohon-pohon karet di desa itu telah bertumbangan, tanah berlumpur, dan air di desa itupun telah menjadi keruh.

Kerusakan alam telah melanda desa tersebut. Kemajuan desa itu ditukar dengan ketentraman desa dan juga sumber-sumber daya alam. Cara untuk menanggulangi ini semua adalah dengan melakukan penghijauan di desa itu. Cara lain juga didapat dengan tidak memperbesar atau memperluas kinerja penambangan emas itu.

Kerusakan alam tersebut sangat memperihatinkan. Yang bisa saya lakukan di sini hanyalah berdoa. Doa yang tulus kepada Tuhan agar desa tersebut mendapatkan ketenangannya kembali dan juga semakin maju dengan tidak menghancurkan sumber daya alam yang ada.

(Eric/X4/10)
Foto terlalu besar

Tidak ada komentar: