Rabu, 25 Februari 2009

Sosialisasi Dalam Masyarakat

Pada zaman dahulu kala perekononian memang masih rendah sekali bahkan sekolah-sekolah yang ada di pedesaan fasilitasnya sangat minim sekali. Mulai dari fasilitas umum sampai fasilitas yang pribadi pun mereka tak mampu untuk memenuhinya. Mereka adalah manusia jadi seharusnya mereka juga mendapatkan yang selayaknya.

Baik pada zaman sekarang maupun pada zaman dulu permasalahannya tetaplah sama yaitu perekonomian dan kurangnya sosialisasi dalam hidup bermasyarakat ini. Pada zaman dulu sekolah-sekolah hanya memiliki dana yang sangat minim bahkan untuk merenovasi sekolah pun mereka tak mampu sehingga mereka harus belajar di tempat yang tidak layak. Seperti atap yang bocor, meja dan kursi yang sudah rusak, suasana di kelas yang tidak mendukung untuk proses belajar-mengajar, dll. Tetapi bedanya sosialisasi di antara mereka pada zaman dulu sudah terjalin dengan baik.

Sekarang kita semua harus bisa saling bertoleransi dan membantu satu sama lain. Contohnya seperti ikut bersosialisasi dengan orang-orang lain, memberikan sedekah kepada fakir miskin, memberikan motivasi kepada anak-anak yang kurang mampu agar dapat mengembangkan bakatnya masing-masing, dll.

Yang dapat kita lakukan sekarang untuk dapat membantu orang-orang yang kurang mampu adalah seperti ikut bersosialisasi dengan orang-orang yang berkekurangan, memberikan motivasi dan inspirasi agar mereka yang berkekurangan dapat mengembangkan bakatnya yang mungkin terpendam, atau memberikan sedekah kepada fakir miskin.

Kita sebagai makhluk hidup memang tidak dapat hidup sendirian di dunia ini karena kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.
(Evina /X3/ 15)

Tidak ada komentar: