Selasa, 17 Februari 2009

"Terkadang bila kita menginginkan sesuatu kita harus mengorbankan hal lain"




1. Komentar : Saya sungguh prihatin dengan masalah lingkungan saat ini. Bencana alam terjadi di mana-mana.Itu semua karena keserakahan manusia sendiri. Seperti kasus di Kalimantan ini,ada sebuah daerah yang berpenghasilan karet. Namun tak lama kemudian penduduknya berubah profesi menjadi penambang emas. Daerah yang awalnya subur menjadi tandus dan kering,pohon-pohon banyak ditebang dan dibiarkan berkeliaran di jalan,air sungai menjadi beracun karena mengandung air raksa. Sungguh mengerikan,apalagi sungai ini sudah menjadi sumber kehidupan bagi penduduk di sekitarnya. Sungai ini biasanya dipakai untuk mandi,mencuci piring,bahkan digunakan sebagai air untuk memasak. Bisa dibayangkan,banyak penduduk yang keracunan dan menderita penyakit gatal-gatal. Hal ini sangat memprihatinkan,namun belum juga mendapatkan penanganan langsung dari pemerintah. Ini menjadi momok yang sangat menakutkan seperti kehidupan yang mendekati kematian.

2. Masalah : Ada sebuah daerah di Kalimantan ,di mana daerahnya menjadi tandus dan kering. Pohon-pohon banyak yang ditebang demi pencarian emas di bawah tanah,air sungai tercemar air raksa, dan penduduknya seperti tumbuh jauh seiring perkembangan teknologi saat ini bahkan bisa dikatakan sama sekali tak tersentuh teknologi dan sama sekali tidak mendapat perhatian langsung dari pemerintah. Benar-benar seperti desa kematian.

3. Solusi : Memang susah untuk menolak tawaran langsung menggiurkan untuk menjadi buruh tambang dengan penghasilan Rp 40.000,00/hari karena selama ini mereka hidup kekurangan dengan bekerja hanya sebagai pekerja di perkebunan karet dengan gaji yang amat murah. Namun dengan kerugian besar yang mereka dapat karena lingkungan mereka menjadi rusak.Para petinggi agama,ketua adat mulai berkoar-koar ribut membahas mengenai masalah yang terjadi di kampung mereka. Mengapa tidak daridulu saja mereka menyadari hal ini? Namun apadaya nasi sudah menjadi bubur. Solusi yang dapat dilakukan ialah mulai berbenah diri dan menanami daerah sekitar dengan pohon besar yang dapat menyerap air, dan meminta bantuan kepada pemerintah supaya mau turun tangan langsung dalam menangani kasus ini.

4. Yang dapat saya lakukan : Memang yang dapat saya lakukan sebagai pelajar tak banyak namun saya dapat memulainya dari diri saya sendiri. Dengan melakukan perbuatan yang kecil saja ,saya sudah bisa melakukan suatu perubahan yang dampaknya besar.Contohnya: membuang sampah di tempat sampah,tidak membuang sampah di got karena bisa terjadi penyumbatan,dan menanami halaman rumah dengan tanaman ataupun pohon itu bisa lebih memperindah lingkungan kita.

(yunie/x3/4)

1 komentar:

tomtomz mengatakan...

lingkungan adlah sekitar kita, adanya lingkungan sebab ada kita, maka kalau kiata tidak mau ditinggalkan oleh lingkungan maka kita WAJIB bersahabat dengan lingkungan.
apa yang anda lakukan adalah suatu kebersahabatan anda bersama lingkungan ....
mari ...! kita jaga lingkungan kita